Naskah Dialog

-  TOPIK                       : INDRA PERABA
-  MATA PELAJARAN  : BIOLOGI kelas VIII
-  PENULIS                   : GUNAWAN
-  TUJUAN       
1.      Mengetahui lapisan kulit manusia dan strukturnya.
2.      Mengetahui fungsi indra peraba manusia.

-  GAMBARAN PELAKU
1.      Anon         : kelas 2 SMP, ingin tahu, humoris.
2.      Samuel      : kakak Anon, kelas 3 SMA, bijaksana

-  SINOPSIS
Suatu sore Anon bersama
kakaknya Samuel sedang berbincang2 di teras rumah. Anon yang besok ada mata pelajaran biologi mencoba bertanya kepada kakaknya tentang BAB baru yang besok akan dibahas di kelasnya. Anon bertanya tentang masalah lapisan-lapisan kulit yang masih dianggapnya membingungkan. Kemudian Samuel mencoba membantu adiknya dengan pengetahuan yang sudah dia terima sewaktu dia masih SMP.

-  TREATMENT
MUSIK/PELAKU/NARATOR
KETERANGAN
MUSIK:
IN-UP-DOWN
NARATOR
Selamat pagi pendengar TP FM semua. Kembali lagi dengan program Pendidikan Umum kita. Saat ini kita akan membahas mata pelajaran biologi kelas 2 SMP.
MUSIK
UP-DOWN
NARATOR
Anon yang masih bingung tentang lapisan kulit manusia mencoba untuk bertanya kepada kakaknya yang sudah kelas 3 SMA.
SOUND EFFECT
SUARA ORANG MENYAPU DENGAN SAPU LIDI
SAMUEL
(dari dalam rumah menuju ke teras menemui Anon) Dek, kamu belajar apa itu?
ANON
Ini kak belajar biologi, masih belum mudeng nih aku..
SAMUEL
Tentang apa dek? Coba kakak bantu kalau bisa. (sambil duduk di samping anon di kursi papan)
ANON
Ini kak, kakak tau kan tentang lapisan2 kulit manusia? Tadi yang aku baca ada 2 macam lapisan kulit manusia, yaitu epidermis dan dermis. Nah yang masih aku belum mudeng ni cara membedakan kedua lapisan tersebut.
SAMUEL
Owhh..gitu ya.  Begini dek, lapisan kulit manusia itu bener katamu ada 2 macam, Epidermis dan Dermis. Epidermis itu adalah lapisan kulit manusia yang paling luar. Sedangkan Dermis adalah lapisan kulit dibawah Epidermis. Lapisan kulit luar atau epidermis itu tadi lebih tipis dari lapisan Dermis.
ANON
Terus di kulit kita itu ada darahnya juga gak kak? Tadi kulitku tergores kayu kursi ini dan sekarang berdarah.
SAMUEL
Hahahaha….lha kamu sih kebanyakan tingkah, makanya hati2 dek biar gak terluka kayak gitu. Udah diobati belum?
ANON
Udah kak, tadi aku kasih obat merah.
SAMUEL
O ya udah kalo gitu. Hmm… gini dek. Kedua lapisan kulit tadi masih ada lapisan2 yang menyusun lapisan itu tadi.
ANON
Hmmmm…
SAMUEL
Gini dek, kakak jelasin yaa..Di lapisan Epidermis atau lapisan paling luar dari kulit ada 4 lapisan.
a) yang pertama Stratum korneum, kalau biasanya disebut juga lapisan zat tanduk ;
b) setalah itu ada Stratum lusidum, yang fungsinya melakukan “pengecatan” terhadap kulit dan rambut ;
c) kalau Stratum granulosum, yang menghasilkan pigmen warna kulit, yang disebut melamin ;
d) yang terakhir Stratum germinativum, sering disebut sebagai sel hidup karena lapisan ini merupakan lapisan yang aktif membelah.
ANON
Oww…gitu ya kak. Berarti lapisan ini kebanyakan fungsinya adalah membuat warna pada rambut dan kulit kita ini ya kak?
SAMUEL
Yupzz benar..
ANON
Terus yang lapisan Dermis tadi juga berarti ada lapisan2nya lagi ya kak?
SAMUEL
Ya benar. Lapisan Dermis terdiri dari
a) Akar Rambut ;
b) Pembuluh Darah ;
c) Kelenjar Minyak bahasa ilmiahnya glandula sebasea
d) ada juga Kelenjar Keringat dan nama ilmiahnya glandula sudorifera. Glandula itu artinya kelenjar..
e) yang paling penting adalah Serabut Saraf sebagai salah satu penerima rangsang

Lapisan Dermis lebih tebal daripada epidermis yaitu sekitar 2,5 mm, sedangkan Epidermis memiliki struktur tipis dengan ketebalan sekitar 0,07 mm
Jadi kalau kamu tergores  kayu tadi sampai berdarah itu artinya kayu tadi sudah menusuk sampai lapisan Dermismu karena di lapisan ini terdapat pembuluh darahnya juga.  
ANON
Oww..pantas..
SAMUEL
Dermis terdiri atas kolagen, yaitu suatu jenis protein yang membentuk sekitar 30% dari protein tubuh. Kolagen akan berangsur-angsur berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Itulah sebabnya seorang yang sudah tua seperti nenek kita tekstur kulitnya kasar dan keriput berbeda dengan kamu sama aku yang masih kencang kulitnya.
ANON
Iya kak. Besok kita kalau sudah tua juga seperti nenek ya kak?
SAMUEL
Ya seperti itulah.
ANON
Terus kulit tangan kita kok bisa membedakan benda kasar dan halus itu ada hubungannya dengan lapisan2 kulit ini juga gak kak?
SAMUEL
Ya ada dek. Serabut syaraf yang kakak sebutin tadi di lapisan Dermis fungsinya adalah sebagai peraba dimana kita tidak hanya bisa membedakan benda kasar atau halus saja. Dengan kulit, kita juga dapat merasakan panas, dingin, rasa tertekan, nyeri dll.
Pada lapisan dermis ini terdapat puting peraba yang merupakan ujung akhir saraf sensoris. Ujung-ujung saraf itulah yang merupakan indera perasa panas, dingin, nyeri, dan sebagainya. Oleh karena itu kulit merupakan organ terluas dimana pada organ ini terdapat reseptor panas (ruffini), tekanan (paccini), dingin (krause), rasa nyeri atau sakit (ujung saraf bebas), serta reseptor sentuhan (meissner).
ANON
Jadi sekarang aku sudah tahu apa fungsi kulit kita. Yaitu sebagai alat agar kita bisa merasakan panas, dingin, merasa tertekan. Iya kan kak?
SAMUEL
Iya benar dek. Selain itu kulit juga mempunyai fungsi sebagai alat pelindung bagian dalam, misalnya otot dan tulang.
ANON
Oke kak
SAMUEL
Baiklah. Ini aku lihat dibukumu juga sudah banyak dan lengkap materi2 tentang indera peraba dan kulit. Jadi nanti kamu harus belajar dari buku ini lagi.
ANON
Siap kak..
MUSIK
IN-UP-DOWN
NARATOR
Demikianlah pembicaraan singkat Anon dengan kakaknya tentang indra peraba manusia. Semoga bisa menjadi masukkan yang baik buat temen2 pendengar TP Fm semuanya.
MUSIK
UP-DOWN
NARATOR
Sampai disini perjumpaan kita dalam program Pendidikan Umum. Sampai jumpa besok pada jam yang sama dengan materi2 pembelajaran yang lebih menarik lagi.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi gunawanyuli blog.

Post a Comment