b. Unsur2 difusi inovasi
- Innovation ( Inovasi), yaitu ide, praktek, atau benda yang dianggap baru oleh individu atau kelompok.
- Communication channel ( saluran komunikasi ), yaitu bagaimana pesan itu didapat suatu individu dari individu lainnya.
- Time ( waktu ), ada tiga faktor waktu, yaitu :
· Innovation decision process ( proses keputusan inovasi )
· Relative time which an inovation is adopted by individual or group.
( waktu relatif yang mana sebuah inovasi dipakai oleh individu atau kelompok )
· Innovation’s rate of adoption ( tingkat adopsi inovasi )
- Social System ( sistem sosial ), yaitu serangkaian bagian yang saling berhubungan dan bertujuan untuk mencapai tujuan umum.
c. Proses keputusan inovasi dibuat melalui sebuah cost-benefit analysis yang mana rintangan terbesarnya adalah ketidakpastian ( uncertainty). Orang akan mengadopsi suatu inovasi jika mereka merasa percaya bahwa inovasi tersebut akan memenuhi kebutuhan . Jadi mereka harus percaya bahwa inovasi tersebut akan memberikan keuntungan relatif pada hal apa yang digantikannya
d. Strategi Inovasi Belajar yang Inovatif:
- Strategi Fasilitatif
Pelakasanaan program perubahan sosial dengan menggunakan strategi fasilitatif ini artinya untuk mencapai tujuan perubahan sosial yang telah ditentukan, diutamakan penyediaan fasilitas dengan maksud untuk program sosial akan berjalan dengan mudah dan lancar.
- Strategi Pendidikan
Dengan strategi ini orang harus belajar lagi tentang sesuatau yang dilupakan yang sebenarnya telah dipelajarinya sebelum mempelajari tingkah laku atau sikap baru.
- Strategi Bujukan
Strategi bujukan tepat digunakan bila klien tidak berpartisipasi dalam perubahan sosial. berada pada tahap evaluasi atau legitimasi dalam proses pengambil keputusan untuk menerima atau menolak perubahan sosial. strategi bujukan tepat digunakan jika masalah dianggap kurang penting atau jika cara pemecahan masalah kurang efektif serta pelaksana program perubahan tidak memiliki alat control secara langsung terhadap klien.
- Strategi Paksaan
Strategi dengan cara memaksa klien untuk mencapai tujuan perubahan. Apa yang dipaksa merupakan bentuk dari hasil target yang diharapkan.
- Innovation ( Inovasi), yaitu ide, praktek, atau benda yang dianggap baru oleh individu atau kelompok.
- Communication channel ( saluran komunikasi ), yaitu bagaimana pesan itu didapat suatu individu dari individu lainnya.
- Time ( waktu ), ada tiga faktor waktu, yaitu :
· Innovation decision process ( proses keputusan inovasi )
· Relative time which an inovation is adopted by individual or group.
( waktu relatif yang mana sebuah inovasi dipakai oleh individu atau kelompok )
· Innovation’s rate of adoption ( tingkat adopsi inovasi )
- Social System ( sistem sosial ), yaitu serangkaian bagian yang saling berhubungan dan bertujuan untuk mencapai tujuan umum.
c. Proses keputusan inovasi dibuat melalui sebuah cost-benefit analysis yang mana rintangan terbesarnya adalah ketidakpastian ( uncertainty). Orang akan mengadopsi suatu inovasi jika mereka merasa percaya bahwa inovasi tersebut akan memenuhi kebutuhan . Jadi mereka harus percaya bahwa inovasi tersebut akan memberikan keuntungan relatif pada hal apa yang digantikannya
d. Strategi Inovasi Belajar yang Inovatif:
- Strategi Fasilitatif
Pelakasanaan program perubahan sosial dengan menggunakan strategi fasilitatif ini artinya untuk mencapai tujuan perubahan sosial yang telah ditentukan, diutamakan penyediaan fasilitas dengan maksud untuk program sosial akan berjalan dengan mudah dan lancar.
- Strategi Pendidikan
Dengan strategi ini orang harus belajar lagi tentang sesuatau yang dilupakan yang sebenarnya telah dipelajarinya sebelum mempelajari tingkah laku atau sikap baru.
- Strategi Bujukan
Strategi bujukan tepat digunakan bila klien tidak berpartisipasi dalam perubahan sosial. berada pada tahap evaluasi atau legitimasi dalam proses pengambil keputusan untuk menerima atau menolak perubahan sosial. strategi bujukan tepat digunakan jika masalah dianggap kurang penting atau jika cara pemecahan masalah kurang efektif serta pelaksana program perubahan tidak memiliki alat control secara langsung terhadap klien.
- Strategi Paksaan
Strategi dengan cara memaksa klien untuk mencapai tujuan perubahan. Apa yang dipaksa merupakan bentuk dari hasil target yang diharapkan.
No comments:
Post a Comment
Terima kasih telah mengunjungi gunawanyuli blog.