Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan telah dijabarkan dalam silabus. Lingkup Rencana Pembelajaran paling luas mencakup 1 (satu) kompetensi dasar yang terdiri atas 1 (satu) atau beberapa indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih.
Berikut ini adalah contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran untuk SMA kelas X semester 1 dalam mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Yang saya contohkan berikut hanya mencakup satu kali pertemuan. Saya juga menyertakan konsep Ekplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi.
Bagian pertama adalah Eksplorasi, antara lain dengan cara:
1. Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber (contoh nilai yang ditanamkan: mandiri, berfikir logis, kreatif, kerjasama)
2. Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain (contoh nilai yang ditanamkan: kreatif, kerja keras)
3. Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya (contoh nilai yang ditanamkan: kerjasama, saling menghargai, peduli lingkungan)
4. Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran (contoh nilai yang ditanamkan: rasa percaya diri, mandiri)
5. Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan (contoh nilai yang ditanamkan: mandiri, kerjasama, kerja keras)
Bagian kedua adalah Elaborasi, nilai-nilai yang dapat ditanamkan antara lain:
1. Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna (contoh nilai yang ditanamkan: cinta ilmu, kreatif, logis)
2. Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis (contoh nilai yang ditanamkan: kreatif, percaya diri, kritis, saling menghargai, santun)
3. Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut (contoh nilai yang ditanamkan: kreatif, percaya diri, kritis)
4. Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif (contoh nilai yang ditanamkan: kerjasama, saling menghargai, tanggung jawab)
5. Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar (contoh nilai yang ditanamkan: jujur, disiplin, kerja keras, menghargai)
6. Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok (contoh nilai yang ditanamkan: jujur, bertanggung jawab, percaya diri, saling menghargai, mandiri, kerjasama)
7. Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok (contoh nilai yang ditanamkan: percaya diri, saling menghargai, mandiri, kerjasama)
8. Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan (contoh nilai yang ditanamkan: percaya diri, saling menghargai, mandiri, kerjasama)
9. Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik (contoh nilai yang ditanamkan: percaya diri, saling menghargai, mandiri, kerjasama)
Bagian ketiga adalah konfirmasi, nilai-nilainya antara lain:
1. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik (contoh nilai yang ditanamkan: saling menghargai, percaya diri, santun, kritis, logis)
2. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber (contoh nilai yang ditanamkan: percaya diri, logis, kritis)
3. Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan (contoh nilai yang ditanamkan: memahami kelebihan dan kekurangan)
4. Memfasilitasi peserta didik untuk lebih jauh/dalam/luas memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap, antara lain dengan guru:
- Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar (contoh nilai yang ditanamkan: peduli, santun);
- Membantu menyelesaikan masalah (contoh nilai yang ditanamkan: peduli);
- Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi (contoh nilai yang ditanamkan: kritis)
- Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh (contoh nilai yang ditanamkan: cinta ilmu); dan
- Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif (contoh nilai yang ditanamkan: peduli, percaya diri).
Mata Pelajaran :
TIK (Teknologi Informasi Komunikasi)
Satuan Pendidikan :
SMA
...........................................
Kelas / Semester :
X / 1
Standar Kompetensi :1.
Menggunakan internet untuk keperluan informasi dan komunikasi
Alokasi Waktu : 2 jam @ 40 menit
A.
Kompetensi Dasar
1.3 Mempraktekkan akses internet
B.
Indikator Pencapaian
Kompetensi
1.3.1 Menjelaskan cara
memperoleh informasi
melalui internet atau localhost/LAN
1.3.2 Mendemontrasikan cara memperoleh informasi dalam
bentuk gambar melalui internet atau localhost/LAN
1.3.3 Mendemonstrasikan cara memperoleh informasi
dalam bentuk animasi atau video di internet atau localhost/LAN
C.
Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran
peserta didik dapat:
a. Mengemukakan cara memperoleh informasi
melalui internet atau localhost/LAN
b. Melakukan cara memperoleh informasi dalam bentuk gambar melalui internet
atau localhost/LAN
c. Mengemukakan macam-macam browser dan
fungsinya
ü
Karakter
siswa yang diharapkan:
Rasa ingin tahu, kreatif, disiplin, bertanggungjawab, percaya diri.
ü
Kewirausahaan/Ekonomi
Kreatif:
Berorientasi tugas dan hasil, kemauan yang kuat, berani mengambil resiko.
D.
Materi Pembelajaran
Mengakses internet.
E.
Metode Pembelajaran
Demonstrasi dan Praktek
F.
Sumber Belajar
-
Buku
pegangan siswa
-
Komputer
+ Internet
G.
Kegiatan Pembelajaran
No
|
TAHAPAN
|
KEGIATAN
|
1.
|
Kegiatan Awal
(Pendahuluan)
|
a. Memotivasi peserta didik
b. Menayangkan gambar yang diperoleh dari
hasil akses Internet
c. Menyampaikan tujuan pembelajaran
|
2.
|
Kegiatan Inti
|
Eksplorasi, guru:
a.
Menjelaskan
cara menghubungkan internet dengan localhost/LAN dari PC
b.
Menjelaskan
langkah-langkah memperoleh informasi melalui internet atau localhost/LAN
c.
Mendemonstrasikan cara memperoleh informasi dalam
bentuk gambar dan animasi/video melalui internet atau localhost/LAN
Elaborasi, guru:
a. Membiasakan peserta didik memperoleh
informasi melalui internet atau localhost/LAN
b. Memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas mencari informasi dalam bentuk gambar dan
animasi/video melalui internet atau localhost/LAN
c. Guru
memberikan tugas kekepada peserta didik untuk mencari informasi macam-macam
browser
Konfirmasi,
guru:
a. Memberikan
penguatan dalam bentuk lisan kepada
peserta didik yang telah menyelesaikan tugasnya
b. Memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum bisa mengikuti dalam
materi memperoleh informasi melalui internet atau localhost/LAN
|
3
|
Penutup
|
a.
Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang
sudah dilakukan
b.
Peserta didik diberikan pekerjaan rumah yang berkaitan
dengan materi mengenai memperoleh informasi dalam bentuk gambar atau
localhost/LAN
c.
Menyampaikan rencana pempelajaran pada pertemuan
berikutnya
|
H.
Alat / Sumber Belajar
1.
Buku :
Buku Multimedia SMA Kelas X
2.
Sumber lain yang relevan : Internet
I.
Penilaian
·
Teknik : Tes Tertulis
·
Bentuk
instrumen : Uraian
·
Skor
Penilaian :
Jawaban benar : skor 1
Jawaban salah : skor 0
Nilai = (Jumlah jawaban benar x 10)/jumlah
soal
·
Uraian
1.
Bagaimana
cara menghubungkan internet atau localhost/LAN dari PC ?
2.
Bagaimana
cara memperoleh informasi melalui internet atau localhost/LAN ?
3.
Bagaimana
cara memperoleh gambar melalui internet atau localhost/LAN ?
4. Bagaimana langkah-langkah melakukan
searching kepada internet atau localhost
Mengetahui, ................
, ............................
Kepala
Sekolah Guru Mata Pelajaran
( ................................... ) (
Gunawan, Spd )
Sumber: http://rpp-silabus-ktsp.blogspot.com/2010/08/pengertian-rpp.html, http://syadiashare.com/pemahaman-pembelajaran-ber-karakter-eksplorasi-elaborasi-konfirmasi.html
Water Hack Burns 2 lb of Fat OVERNIGHT
ReplyDeleteWell over 160000 men and women are trying a easy and SECRET "liquid hack" to burn 2lbs each night while they sleep.
It is proven and it works every time.
This is how to do it yourself:
1) Grab a drinking glass and fill it up with water half the way
2) And then do this strange hack
and you'll be 2lbs lighter as soon as tomorrow!