Sea Games 2011

Indonesia....jeng...jeng...jengg.... Indonesia....jeng...jeng...jengg....  Kalimat seperti itu yang biasa kita dengar oleh supporter waktu tim Indonesia sedang bertanding melawan tim negara lain di pertandingan Sea Games 2011 ini. Pengaharapan untuk menang terus datang ketika tim Indonesia berlaga di lapangan. Kebanggaan dan sorak-sorai akan datang ketika Tim Indonesia memenangkan sebuah pertandingan. "Ayo Indonesia Bisa" itu yang menjadi modal kami untuk mendukungmu, kami bangga akanmu. 
Memang sangat membanggakan ketika pemain-pemain Indonesia dengan tim-nya bisa menjuarai pertandingan Sea Game kali ini, tapi apakah para supporter itu masih peduli akan Freeport di Irian Jaya? Reeport berpenghasilan 2,3miliar AS sedangkan Indonesia hanya mendapat 2 persen angka PDB. Angka pendapatan ini tidak akan seperti ini jika Tim Indonesia berhasil memiliki pertambangan itu sendiri. Belum lagi anggota tim kita yang berada di Irian Jaya sana, dengar-dengar mereka terpojokkan di sana. Bagaimana para supporter Indonesia, apakah kalian masih mendukung mereka untuk memenangkan pertandingan? Apakah kalian masih menggemborkan jargon kalian untuk mereka? "Ayo Indonesia Bisa" Itu kalimat yang tepat untuk mendukung Indonesia bagian Timur bangkit dari keterpurukan. Sulit? Atau malas? Pemerintah saja tidak bisa berbuat apa-apa ketika tahu bahwa hasil bumi Indonesia dicolong orang lain. Kok terima saja  karyawan Indonesia dihargai murah sekali. Ini yang menyebabkan banyak perusahaan asing yang ingin berdiri di Indonesia untuk mendapatkan karyawan-karyawan yang terima berpenghasilan sedikit. Masih banyak lagi perusahaan-perusahaan asing yang ada di Indonesia, Inco, Inalum, Newmount, dsb. Apa rakyat Indonesia tidak mendukung, apa pemerintah tidak peduli?


3 comments:

  1. asekkkk terus dkung Indonesia...
    Indonesia pasti bisa

    ReplyDelete
  2. wah indonesia kalah lagi ma malaysia...huh...kcewa bnget ki..ksihan jga supporternya ada yg meninggl jga padahal udah dibela-belain..tpi indonesia keren oq..salut bwat idonesia..malaysia mainnya curang oq.. huh..

    ReplyDelete
  3. anonym1: siap boss, Indonesia bisa

    anonym2: 2 tahun berturut2 kita kalah, tp gpp yg penting Indonesia sudah memberikan kekuatan yg maksimal utk merebut kemenangan itu. Saatnya nanti Indonesia pasti berjaya.

    ReplyDelete

Terima kasih telah mengunjungi gunawanyuli blog.